Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 22 Mei 2013

Cara Membuat Template Blog Menjadi SEO Friendly


Cara Membuat Template Blog Menjadi SEO Friendly- Selamat siang semuanya gan, Cara Membuat Template Blog Menjadi SEO Friendly, itulah yang gue kali ini share. Bagi agan-agan agan blogger, pasti mau agar Blog agan menjadi SEO Friendly, setelah agak lama Googling akhirnya gue dapat ya copas dikit tutornya, hehehe. Ok silahkan Checjk it Out Tips-nya.

Membuat Blog SEO Friendly dengan Mengubah Page Title

Format page title default dari blogger kan seperti ini “JUDUL BLOG : JUDUL POSTING”, nah supaya blog kita lebih disukai oleh search, kita harus merubah format page title standar itu menjadi seperti ini “JUDUL POSTING | JUDUL BLOG”. Berikut langkah-langkahnya :
  • Masuk ke dashboard blog agan
  • Masuk ke rancangan kemudian pilih Edit html
  • Cari kode berikut :
<title><data:blog.pageTitle/></title>

(Cara mudah mencari kata/kalimat di web browser tinggal tekan ctrl + f kemudian ketik/pastekan kata/kalimatnya lalu tekan enter)
  •       Kalau sudah ketemu kodenya, ganti sama kode berikut ini :
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
</b:if>

Atau agan juga bisa nambahin beberapa kata kunci ( keyword ) seperti ini :
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/> | Kata kunci agan | Kata kunci agan </title>
</b:if>
  •       Kalau sudah jangan lupa disimpan templatenya.

2.     Membuat Blog SEO Friendly dengan Menambahkan Meta Tag

Mesin pencari sangat menyukai web/blog yang jelas tema dan isi content-nya. Jadi, agan harus nambahin suatu tag yang namanya meta tag. Berikut langkah-langkahnya :
  • Masuk ke dashboard blog agan
  • Masuk ke rancangan kemudian pilih Edit html
  • Cari kode berikut :
 <b:skin><![CDATA[/*
  •       Copy-kan kode berikut ini di atas kode tersebut (<b:skin><![CDATA[/*) :
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta content='text/html; charset=utf-8' http-equiv='Content-Type'/>
<meta name='Author' content='Nama Agan'/>
<meta name='description' content='Deskripsi singkat tentang blog agan'/>
<meta name='keywords' content='keyword1, keyword2, keyword3, dst'/>
<meta name='language' content='id'/>
<meta name='geo.position' content='-5;120'/>
<meta name='geo.country' content='id' />
</b:if>
  •       Kemudian simpan templatenya

3.     Membuat Blog SEO Friendly dengan Memasang Breadcrumbs

Breadcrumb adalah sebaris tautan internal pada bagian atas atau bawah laman yang memungkinkan pengunjung untuk menavigasi balik ke bagian sebelumnya atau ke laman dasar dengan cepat. Breadcumbs ini sangat disukai oleh search engine, sehingga apabila blog kita memiliki breadcumbs dapat menambah nilai SEO pada blog kita. Di mesin pencarian (SERP) url yang ditampilkan adalah kategori dari postingan sehingga blog agan bisa bersaing untuk mendapatkan posisi top di google SERP.

4.     Membuat Blog SEO Friendly dengan Memasang Related Post

Related post sangat bagus untuk SEO dan disukai para pengunjung. Setelah membaca suatu artikel pengunjung tidak akan lari ke blog lain dan biasanya akan tertarik untuk melihat-lihat related post yang ada di blog agan.

5.     Membuat Blog SEO Friendly dengan Mematikan setting archive ( arsip )

Search engine sangat membenci yang namanya duplicate archive. Jika agan mengaktifkan opsi arsip, akan ada 2 buah link yang menuju 2 halaman yang berbeda (Halaman utama dan halaman artikel sendiri) tapi memiliki isi konten yang sama. Bagi search engine ini adalah masalah serius. Oleh karena itu kita sebaiknya me-non-aktifkan opsi arsip. Caranya adalah sebagai berikut :
  • Masuk ke dashboard blog agan
  • Masuk ke Setting kemudian pilih Archiving
  • Pada bagian Archiving Frequency ubah menjadi no archive
Atau jika agan tidak ingin menonaktifkan fungsi arsip, silahkan masuk ke rancangan kemudian pilih edit html dan letakkan kode berikut dibawah kode <head> :
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'><meta content='noindex' name='robots'/></b:if>

6.    Membuat Blog SEO Friendly dengan Menambahkan kode ‘rel=canonical’

Gunanya kita menambahkan ‘rel=canonical’ adalah untuk menghindari konten ganda, karena seperti para master of SEO bilang bahwa google sangat tidak dapat mentolerir sebuah duplicate content (Buat yang kerjanya cuma bisa copas hati-hati nih sebelum didepak dari google). Silahkan masuk ke rancangan kemudian pilih edit html dan letakkan kode berikut dibawah kode <head> :
<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical' />

7.    Membuat Blog SEO Friendly dengan Tag Heading

Google sangat menyukai sebuah tulisan atau judul dengan tag H1. Oleh karena itu ubahlah ukuran judul posting agan dengan tag H1. silahkan masuk ke rancangan kemudian pilih edit html kemudian cari kode seperti berikut ini :
<b:if cond='data:post.title'>
<h3 class='post-title entry-title'>
<b:if cond='data:post.link'>
<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<data:post.title/>
</b:if>
</b:if>
</h3>
</b:if>
Ubah kode yang berwarna merah dari h3 atau h2 pada beberapa template menjadi h1. Setelah itu tambahkan kode berikut sebelum kode ]]></b:skin>
h1.post-title, .post h1 #Blog1 h1, #Blog2 h1 { font-size:1.5em; }
Ok gan, sekian dulu dari gue ya, terima kasih sudah membaca artikel tentang: Cara Membuat Template Blog Menjadi SEO Friendly, semoga blog agan sobat blogger bisa SEO Template-nya seperti punya gue, walaupun bukan buatan sendiri hehehehe.

Sumber: http://septia-mujizat.blogspot.com/2012/01/cara-mudah-membuat-blog-menjadi-seo.html
#Cara Membuat Template Blog Menjadi SEO Friendly
Description: Cara Membuat Template Blog Menjadi SEO Friendly Rating: 4.5 Reviewer: Dwiky Putra - ItemReviewed: Cara Membuat Template Blog Menjadi SEO Friendly
Suka Dengan Artikel Ini ?

Poskan Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

ATTENTION
1. Komentar SPAM atau yang mengandung unsur porno atau kata kata kasar akan dihapus segera setelah saya review.
2. Dilarang promosi blog atau barang dagangan.
3. Silahkan klik Like untuk Blog ini, agar blog ini tetap bisa berkarya.
4. Dilarang menyertakan link aktif karena blog ini, kecuali untuk yang hal penting saja.
5. Jika ingin menyertakan Link Blog, lebih baik melakukan Link Exchange dengan Blog.
6. Jika Anda memiliki masalah cek dulu komentar, mungkin Anda akan menemukan solusi di sana.
7. Dilarang menshare ulang/copas artikel tanpa persetujuan dari saya.
8. Untuk pertanyaan diluar artikel, bisa Contact Me melalui Facebook atau E-mail.

 
 
Copyright © 2013. Kirizaki Blog - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger.com